Tanggapan Mahfud MD Soal Rizieq Kirim Surat Pencekalan: Kok Cuma di TV

Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, menantang Imam Besar FPI (Front Pembela Islam), Habib Rizieq Shihab menunjukkan surat pencekalan yang akhir-akhir ini diklaimnya. “Saya tidak tahu itu suratnya, suruh kirim kepada saya lah. Kok hanya di TV gitu,” kata Mahfud MD pada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (11/11).

Mahfud MD Minta Rizieq Kirim Surat Padanya

Sebelumnya Rizieq menunjukkan bukti yang mana diklaim sebagai surat pencekalan dari pemerintah Indonesia lewat siaran video di akun YouTube Font TV. Surat pencekalan tersebut ditunjukkan Rizieq untuk mengungkap alasannya tak bisa pulang ke Indonesia. ia mengklaim bahwa pencekalannya tak berkaitan dengan kasus pidana apapun.

Di dalam video itu, Rizieq mengharapkan public tak mengasumsikan keberadaannya di Saudi karena masih merasa ketakutan untuk pulang ke Indonesia. justru menurutnya ada orang yang berkepentingan lah yang ada di balik pencekalan yang resah jika ia pulang ke Indonesia.

Namun Mahfud juga tak mengetahui surat pencekalan yang mana dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi yang mana diklaim atas rekomendasi pemerintah Indonesia. Menteri yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga mempertanyakan kebenaran surat itu. “Saya ingin tahu itu surat benar apa, apa surat resmi atau berita korab atau apa ‘kan gitu Cuma diginikan (diperlihatkan) di medsos. Coba suruh kirim copynya kepada saya, saya ingin tahu,” ungkap Mahfud lagi.

Ia sendiri mengaku bahwa selama dirinya menjabat sebagai Menko Pplhukam tak pernah melihat surat pencekalan pada Habib Rizieq. “Jadi, sampai saat ini tidak ada. saya sudah berkantor di sini 3 minggu,” imbuhnya,

Imigrasi Belum Dapatkan Surat yang dimaksud Rizieq

Sedangkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sendiri menepis pernyataan Rizieq soal surat pencekalan dari pemerinta Indonesia pada pemerintah Arab Saudi.  Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, mengatakan bahwa sampai dengan saat ini pihaknya belum menerima surat permohonan penangkalan Rizieq untuk bisa masuk kembali ke Indonesia.

Sesuai dengan ketentuannya, penerbitan Surat Penangkalan ini baru bisa dilakukan atas permohonan instansi maupun penegak hukum yang lainnya. “Sampai dengan saat ini imigrasi belum menerima (permohonan) surat penangkalan apa pun dari instansi mana pun yang menyatakan Habib Rizieq Shihab tak diperbolehkan masuk ke Indonesia,” ujar Sam dilansir dari CNN Indonesia, Senin (11/11).

Sedangkan terkait dengan kemungkinan surat pencegahan dari pemerintah Arab Saudi pada Rizieq, Sam mengaku bahwa ia belum tahu menahu soal itu. menurutnya, penerbitan surat pencegahan tersebut menjadi kewenangan pemerintah Arab Saudi. “Terkait surat pencegahan beliau keluar dari wilayah Saudi dari pemerintah Saudi, bisa ditanyakan pada pemerintah Saudi langsung,” tukasnya.

Seperti yang diketahui bahwa Habib Rizieq Shihab menunjukkan bukti yang ia klaim pengeluaran toto macau sebagai surat pencekalan dari pemerintah Indonesia yang mana ditujukan untuk pemerintah Arab Saudi. Surat itu ditunjukkannya lewat sebuah video di akun YouTube Font TV dalam sesi sambutan Rizieq Shihab di Acara Maulid Nabi Muhammad SAW DPP FPI, tanggal 8 November 2019 kemarin.

“Saya dicekal di sini bukan karena saya lakukan pelanggaran keimigrasian, bukan saya melakukan pelanggaran pidana atau perdata, bukan karena saya melakukan sesuatu kejahatan di Saudi ini, tidak. karena alasan keamanan,: ujarnya dalam video YouTube Font TV yang kemudian memicu sejumlah reaksi itu.